Official thread Virus + Crash saat main PB kena BSOD

Woke Todopoint
Seringkali anda mendapat email dari yahoo di folder spam dengan lampiran (attachment) di dalamnya dan kamu tidak yakin apakah file tersebut aman dari virus. Seringkali juga kamu dimintai persetujuan oleh sebuah website untuk menginstal software yang tidak kamu kenal. Atau pernahkah kamu disodori flash drive oleh temanmu dan diminta untuk membuka file di dalamnya?

Nah, apabila kamu merasa ragu-ragu akan ‘kebersihan’ file tersebut alias apakah ia terjangkit virus atau tidak, sisihkan sedikit waktu guna menyelidikinya. Panduan di bawah ini akan membantu kamu untuk melindungi komputer dari virus atau program jahat yang tak diinginkan. Lakukan dengan cermat

Pertama2 Virus dari web browsing (Click to Hide)
Percayakan pada Keampuhan Software
Software keamanan (program antivirus atau anti malware) telah memiliki kemampuan untuk mengecek file sebelum kamu membukanya (atau bahkan sebelum kamu mentransfernya dari media lain ke komputermu). Begini caranya:
1. Lihat ikon file tersebut di sebuah window.
2. Klik kanan pada ikon untuk memunculkan menu kontekstual.
3. Klik ‘Scan file’ pada menu yang muncul guna memulai proses scanning.
Jika software keamananmu tidak memiliki opsi menu kontekstual, buka control panel software tersebut dan navigasikan pada seksi scan. Di sini, kamu akan bisa memilih target tertentu (file) untuk di-scan (kadang-kadang opsi ini ada di menu Advanced Options).

"Penyelidikan" di Internet
Dalam kasus di mana kamu tidak bisa men-scan file mencurigakan dengan software keamanan, cobalah untuk menyelidiki file tersebut dengan bantuan internet. Kasus ini terjadi apabila sebuah website memintamu untuk menginstal sesuatu yang patut diwaspadai. Berikut langkah-langkahnya:
1. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang software yang mencurigakan itu. Catat nama softwarenya dan website yang menawarkannya.
2. Lakukan pencarian di internet nama software tersebut. Legitimasi dan unsur keamanan dari software itu biasanya akan muncul di hasil pencarian yang pertama muncul. Jika kamu masih ragu-ragu, search lagi namanya dan tambahkan keyword seperti ‘malware’, ‘safe’ atau ‘remove’. Cek juga reputasi dari situs yang memintamu untuk menginstal software itu.

Pastikan Software Selalu Update
1. Versi terbaru dari web browser mampu memindai hasil download-an atau memperingatkanmu akan program ‘beracun’, dan memblokir malware yang terdeteksi. Jadi, pastikan kamu selalu rajin meng-update browsermu dengan versi teranyar.
2. Kebanyakan program email akan memindai attachment dari infeksi sebelum kamu mengunduhnya. Perhatikan baik-baik proses ini.
Kedua
Crash Saat maen PB Kena BSOD ( Blue Screen Of DEATH )
Spoiler (Click to Hide)
Hampir saja saya format ulang komputer kesayangan dikarenakan tidak bisa dipakai untuk bermain game ringan seperti bounce, billiard dan lainnya. Padahal sebetulnya hanya dengan membersihkan debu yang menempel pada bagian CPU, Mainboard dan kawan-kawan masalahnya bisa selesai.

Tu Do Point


Awal mulanya, dikarenakan suntuk dan BT abis saya coba untuk bermain game ringan yang biasa saya mainkan disaat jenuh dan malas mulai datang. Namun entah kenapa sebelum saya bisa memainkan game tersebut, komputer malah not responding(hang, crash).

Sempat heran juga karena biasanya komputer tidak pernah hang saat memainkan game tersebut. Lalu saya coba untuk mendiagnosa masalah ini dengan menjalankan perintah DXDIAG pada kotak perintah run, dan lantas mencoba opsi Test Direct3D pada tab display, dan hasilnya ternyata lagi-lagi komputer hang.

Seperti biasa rasa penasaran muncul dan saya coba tanya sama mbah dukun, oops maksudnya mbah Google, karena biasanya masalah komputer bisa saya selesaikan dengan bertanya sama mbah, hehehe. Dari hasil penelusuran google ini saya mendapat referensi dari beberapa situs dan forum kalau hal ini bisa di sebabkan oleh Directx milik windows, dan solusinya harus reinstall directx ini.

Saya coba ikuti petunjuk untuk reinstall directx tersebut, namun setelah semua selesai tetap saja komputer crash. Dan akhirnya saya putuskan untuk me-repair windows xp, dengan harapan masalah ini bisa selesai bila windows-nya kembali fresh.

Setelah kurang lebih satu jam, selesai juga proses repair windows-nya. Tanpa pikir panjang langsung saja saya test lagi direct3D-nya, dan ternyata hasilnya masih tetap sama. Sebetulnya saya sudah putus harapan, jangan-jangan memang harus format ulang Plus install ulang windows-nya untuk mengatasi masalah ini.

Namun sebelum hal tersebut saya lakukan, saya pikir mungkin juga ada kelainan dengan hardware komputer saya, karena sudah terlalu lama tidak pernah saya tengok daleman CPU (saking malesnya) Big Grin. Karena masih penasaran, akhirnya mau tidak mau saya buka juga casing penutup CPU, dan ternyata debu di dalamnya sudah seperti di padang pasir Big Grin.

Dengan sedikit malas yang tersisa akhirnya saya coba membuka satu-persatu hardware mulai dari Hard Disk, RAM, Video Card, CD ROM dan Proccesor. Lalu saya coba bersihkan semua debu tersebut yang menempel pada hardware tersebut.

Dan finally, setelah proses pembersihan tersebut, akhirnya game kesayangan bisa dimainkan kembali, walau mungkin butuh perjuangan untuk dapat memainkan game ini Big Grin.

Dan dari pengalaman ini saya jadi berpikir, kenapa tidak dari awal saja saya bersihkan CPU-nya, dan tidak perlu melakukan repair OS. Dan untungnya saya tidak melakukan format ulang, karena bila saya melakukan format ulang maka prosesnya akan memakan waktu lama, dikarenakan configurasi komputer harus diatur ulang plus harus install beberapa software lainnya yang biasa saya pakai yang jumlahnya cukup banyak.

But, sekarang semuanya sudah normal lagi. Dan bagi anda yang mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, tidak ada salahnya anda mencoba membersihkan dulu hardware anda sebelum melakukan perbaikan pada sisi software.
Ketiga penyebab 10 macam komputer kena crash BSOD 
Tud do point

Spoiler (Click to Hide)
Fatal error: the system has become unstable or is busy atau Enter to return to Windows or press Control-Alt-Delete to restart your computer. If you do this you will lose any unsaved information in all open applications atau pun Blue Screen adalah kejadian umum yang sering kita lihat sebagai penguna Produk Ms Windows. Apa yang harus kita lakukan apabila mendapat masalah tsb ? yang lebih penting, bagaimana cara mencegahnya ?

1. Hardware Conflict

Alasan pertama mengapa Windows bisa mengalami Crash adalah konflik pada hardware.Setiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui IRQ (interrupt request channel) dan harus uniqe untuk setiap perangkat. Conto Printer biasanya menggunakan IRQ 7, Keyboard menggunakan IRQ 1, Flooy menggunakan IRQ6. Setiap perangkat menggunakan IRQ nya masing2 secara otomatis. Apabila komputer anda memiliki banyak perangkat atau perangkat tidak terinstall dengan baik, maka yang terjadi adalah adanya pembagian IRQ untuk lebih dari 1 perangkat. Dan saat anda mengakses ke-2 perangkat yang menggunakan IRQ yg sama tsb maka akan ada kemungkinan Windows akan Crash.

2. Bad Ram

RAM (Random Access Memory) memiliki kemungkinan menyebabkan Blue Screen pada windows anda. Fatal Error dari RAM biasanya di sebabkan oleh perbedaan Chip yang ada pada memory. Contoh apabila menggabungkan 70ns RAM dengan 60ns RAM akan memaksa RAM tsb bekerja lebih lambat dan efeknya akan membuat RAM menjadi crash.

3. BIOS settings

Setiap Motherboard memiliki settingan Chipset sesuai dengan pabrik buatan masing2. Setiap anda memasuki BIOS anda harusn ingat untuk berhati2 dalam menyetting konfigurasi karena apabila konfigurasi anda salah maka akan menyebabkan ketidakstabilan pada pc dan crash.

4. Hard disk Drive

Setiap beberapa minggu, data dalam harddisk pasti akan menjadi terpecah pada tiap inodenya. Sangat disarakan untuk melakukan Degratment setiap minggu untuk mencegah harddisk yang sering freeze / hang. Tindakan defragment akan mencegah pc anda dari masalah freeze yang berkeseringan.

5. Fatal OE exceptions and VXD errors

Ini biasanya disebabkan oleh masalah pada VGA anda. VGA meruapakan salah satu hardware yang sering sekali menyebabkan masalah pada pc anda. Lakukan instalasi Drive yang benar pada VGA . Apabila pc anda mengalami screen freeze / hang maka kemungkinan ada hardware conflict pada vga anda.

6. Virus

Infeksi virus akan menyebabkan ketidakstabilan pada pc. beberapa virus menghapus boot sector pada harddisk dan membuat nya tidak bisa untuk dijalakan. Selalu ingatkan diri anda untuk menyediakan Boot Startup Script karena akan sangat membantu untuk mengembalikan Boot Sector anda.

7. Printers

Printer hanya memiliki memory yang kecil yang biaa kita sebut Buffer. Ini gampang sekali bermasalah. Melakukan print dokumen biasanya menggunakan sebagaian dari Power CPU. Ini akan menyebabkan kelambatan pada pc. Jika printer mencoba untuk melakukan Print thd kata yang tidak dikenal maka akan ada kemungkinan untuk menyebabkan crash pada pc. Usahakan untuk menghilangkan Buffer terlebih dahulu lalu lakukan restore pada printer anda.

8. Software

Crash pada bagian ini biasanya di sebabkan oleh jeleknya cara penginstalan software.Gunakan Registry Cleaner untuk membersihkan komputer anda.Apabila anda merusak Registry anda maka Install ulang adalah satu2nya cara maka berhati hati lah.

9. Overheating

CPU biasanya dilengkapi oleh kipas pendingin. Apabila kipas pendingin mati, maka CPU akan mengalami Overheat dan memunculkan eror Kernel Error. Masalah CPU dapat di selesaikan dengan mendisable CPU Internal Cache, ini akan membuat komputer lebih lambat dalam beroperasi namun lebih stabil.

10. Power Supply Problem

Kejutan / gelombang listrik dapat menyebabkan crash pada komputer. Apabila ini menjadi masalah bagimu maka solusi yang paling baik adalah menggunakan UPS System pada cpu anda.Ini akan menjadi investasi yang baik apabila anda memiliki data data penting karena listrik dapat menyebabkan kerusakan serius pada pc anda.

Sumber : FGC
No comments

Artikel ini bermanfaat :-?
Suka Dengan Artikel ini :-?
Kalau iya , Kasih Komentar kamu di bawah ini ya (o)
Jangan lupa untuk klik ikuti atau bagikan blog ini kepada teman - teman kamu :))
Follow blog MosBsnO juga jangan lupa 8-)
Jika ingin mendapatkan informasi terbaru dari saya sih x-) "#Hehehe

Penting !!
Untuk Membalas Komentar bisa klik SCROLL / CTRL + KLIK pada tulisan Balas


Terima Kasih